Banner 468 x 60px

Tuesday, November 20, 2018

RPP Melakukan Pemasaran Barang dan Jasa XI

0 komentar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : SMK  Terpadu Darussalam Tegalrejo
Mata Pelajaran             : Produktif Pemasaran (Kompetensi Kejuruan)
Kelas/Semester                        : XII / 1
Pertemuan ke               : 1 s.d 5
Alokasi Waktu             : 5 X 45 menit
Standar Kompetensi     : Melakukan Pemasaran Barang dan Jasa
Kompetensi Dasar       : Menyusun rencana target pasar
Indikator                      :  ­Segmentasi  Geografis  dapat  diidentifikasi  sesuai  SOP. Segmentasi 
                                       Demografi  dapat  diidentifikasi  sesuai  SOP. Segmentasi  Psikografi 
                                       dapat  diidentifikasi  sesuai  SOP. Segmentasi  Prilaku  dapat 
                                       diidentifikasi  sesuai  SOP

  1. Tujuan Pembelajaran     :
    Siswa dapat
·         Mengidentifikasi segmentasi pasar dengan dasar geografis
·         Mengidentifikasi segmentasi pasar dengan dasar demografis
·         Mengidentifikasi segmentasi pasar dengan dasar psikografis
·         Mengidentifikasi segmentasi pasar dengan dasar prilaku
  1. Materi Pokok :
·         Segmentasi Geografis
·         Segmentasi Demografi
·         Segmentasi Psikografi
·         Segmentasin Perilaku
   III.            Metode Pembelajaran :
·         Penugasan
·         Diskusi kelompok @ 5  orang
·         Ceramah
·         Presentasi
·         JIGSAW dan Kooperatif model STAD
  IV.            Langkah-langkah Pembelajaran :
PERTEMUAN KE ­1-2
(1) Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan dan penyampaian topik dan tujuan pembelajaran dan motivasi
(2) Kegiatan Inti :
1.      Pembagian kelompok
2.      Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya
3.      Peserta didik membaca tentang arti klausul, arti perjanjian jual beli, dan tujuan pembuatan perjanjian jual beli
4.      Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang arti segmentasi pasar
5.      Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang segmentasi pasar untuk dipresentasikan
6.      Presentasi oleh masing-masing kelompok
7.      Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
8.      Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
9.      Contoh-contoh riil segmentasi pasar untuk didiskusikan sebagai pendalaman materi disampaikan oleh guru.
10.  Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. Mengetahui arti segmentasi
2. Mengetahui jenis-jenis segmentasi
(3) Kegiatan Akhir
1.      Guru membimbing siswa untuk bersamasama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.
2.      Guru memberikan tugas akhir kepada siswa, baik tugas terstruktur maupun tugas yang tidak terstruktur




PERTEMUAN KE – 3 – 4
1)      Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan arti klausul, arti perjanjian jual beli dan tujuan pembuatan perjanjian jual beli
2)      Kegiatan Inti :
1.        Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya
2.        Peserta didik membaca tentang segmentasi geografi dan segmentasi demografi
3.        Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang segmentasi geografi dan segmentasi demografi
4.        Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang segmentasi geografi dan segmentasi demografi untuk dipresentasikan
5.        Presentasi oleh masingmasing kelompok
6.        Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
7.        Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
8.        Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
Ø  segmentasi geografi dan segmentasi demografi
3)      Kegiatan Akhir
1.      Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka dengan yang ada dimodul
2.      Guru membuat kesimpulan akhir

PERTEMUAN KE – 5
1)      Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan segmentasi geografi dan segmentasi demografi, memberikan motivasi.
2)      Kegiatan Inti :
1.        Peserta didik membaca tentang segmentasi psikografi dan segmentasi prilaku
2.        Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab
3.        Setiap individu peserta didik membuat segmentasi psikografi dan segmentasi prilaku
4.        Guru bertindak sebagai pembimbing
5.        Satu dua siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan hasil pekerjaan nya dan peserta didik yang lain memberi tanggapannya.
6.        Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. segmentasi psikografi dan segmentasi prilaku
3)      Kegiatan Akhir
Satu atau dua siswa menyimpulkan tentang segmentasi psikografi dan segmentasi prilaku Guru membuat kesimpulan akhir.

V. Alat/Bahan Sumber Belajar :
1.   Alat/Bahan : ­
  • Alat tulis
  • Alat peraga
  • ­Format dan formulir perjanjian jual beli
  • ­Bea materai
  • Laptop dan LCD Proyektor
  • ­Modul Menagih pembayaran karya Dra. Devi Puspitasari M.Pd dkk
  • ­Modul Menagih Pembayaran karya Tim Penjualan SMK Penerbit PT.Galaxy Puspa
    Mega
  • Internet dan CD Pembelajaran
  1. Sumber Belajar : Format klausul perjanjian jua beli,
VI.  Penilaian :
1.        Jenis test :
·      Test lisan ( pre test )
·      ­Test Perbuatan
·      ­Test Tertulis
2.        Bentuk test :
·      ­Pilihan Ganda
·      Uraian



Contoh test awal ( lisan )
a.       Pernahkah anda mendengar istilah segmentasi pasar ?
b.      Sebutkan tiga falsafah mendekati pasar!
c.       Coba sebutkan secara garis besar materi bahasan minggu lalu
Contoh test perbuatan (proses)
Buatlah segmentasi sederhana pada pemasaran produk makanan, pakaian dan perumahan
Penilaian test perbuatan ini dilakukan melalui tugas membuat segmentasi sederhana.

Adapun format yang digunakan sebagai berikut:
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Kompeten
Belum Kompeten
Keseuaian Materi
Pengeta huan
Ketram pilan
Sikap
Jumlah
1

3
2
2
2
9
V

2

2
1
1
1
5

V
3








4









Nilai Maksimal
4
2
2
2



Keterangan :
a.   Kesesuaian materi:
4 = Sangat sesuai
3 = Sesuai
2 = cukup sesuai
1 = tidak sesuai
b.   Pengetahuan / Ketrampilan / Sikap :
2.0 = sangat baik
1.5 = baik
1,0 = cukup baik
0.5 = kurang baik

Contoh test akhir ( tertulis )
Bobot penilaian / penskoran :
Jenis Soal                 Nomor / Jumlah soal            Bobot Nilai                 Jumlah
PG                            1 – ­25                                    2                                  50
Uraian                      1 (perjanjian Jual beli)          50                                50
Jumlah                                                                                                       100

Mengetahui,
Kepala Sekolah




RUSTIANAH S.Pd.I
Pelita Jaya, …… …………………… 20
Guru Mata Pelajaran



.........................................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : SMK  Terpadu Darussalam Tegalrejo
Mata Pelajaran             : Produktif Pemasaran (Kompetensi Kejuruan)
Kelas/Semester                        : XII / 1
Pertemuan ke               ­: 1 s.d 5
Alokasi Waktu             : 5 X 45 menit
Standar Kompetensi     : Melakukan Pemasaran Barang dan Jasa
Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi segmentasi pasar
Indikator                      :  ­Rencana  pencapaian  target  pasar  dapat  disusun  sesuai  SOP.
   Evaluasi  segmen  pasar  dapat  dilakukan  sesuai  SOP.
   Segmen  pasar  dapat  dipilih  sesuai  SOP
                               I.            Tujuan Pembelajaran     :
Siswa dapat
·         Membuat rencana pencapaian target pasar
·         Mengevaluasi segmen pasar
·         Memilih dan menentukan segmen pasar
                            II.             Materi Pokok :
·         Targeting
·         Evaluasi segmen pasar
·         Penentuan target pasar
                         III.            Metode Pembelajaran :
·         Penugasan
·         Diskusi kelompok @ 5  orang
·         Ceramah
·         Presentasi
·         JIGSAW dan Kooperatif model STAD
                          IV.            Langkah-langkah Pembelajaran :

PERTEMUAN KE ­1-2

1)      Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan dan penyampaian topik dan tujuan pembelajaran dan motivasi
2)      Kegiatan Inti :
1.    Pembagian kelompok
2.      Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya
3.      Peserta didik membaca tentang target pasar
4.      Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang target pasar
5.      Setiap kelompok membuat kesimpulan targeti pasar untuk dipresentasikan
6.      Presentasi oleh masing-masing kelompok
7.      Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
8.      Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
9.      Contoh-contoh riil segmentasi pasar untuk didiskusikan sebagai pendalaman materi disampaikan oleh guru.
10.  Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. Mengetahui target pasar
3)      Kegiatan Akhir
1.        Guru membimbing siswa untuk bersama-sama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.
2.        Guru memberikan tugas akhir kepada siswa, baik tugas terstruktur maupun tugas yang tidak terstruktur

PERTEMUAN KE – 3 – 4
1)        Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara target pasar
2)        Kegiatan Inti :
1.      Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya
2.      Peserta didik membaca tentang evaluasi segmen pasar dan penentuan segmen pasar
3.      Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang evaluasi segmen pasar dan penentuan segmen pasar
4.      Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang evaluasi segmen pasar dan penentuan segmen pasar untuk dipresentasikan
5.      Presentasi oleh masingmasing kelompok
6.      Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
7.      Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
8.      Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1.   segmentasi geografi dan segmentasi demografi
3)      Kegiatan Akhir
1.      Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka dengan yang ada dimodul
2.      Guru membuat kesimpulan akhir
                V.          Alat/Bahan Sumber Belajar :
1.      Alat/Bahan : ­
·           Alat tulis
·           Alat peraga
·           ­Format dan formulir perjanjian jual beli
·           ­Bea materai
·           Laptop dan LCD Proyektor
·           ­Modul Menagih pembayaran karya Dra. Devi Puspitasari M.Pd dkk
·           ­Modul Menagih Pembayaran karya Tim Penjualan SMK Penerbit PT.Galaxy Puspa
Mega
·           Internet dan CD Pembelajaran
2.      Sumber Belajar : Format klausul perjanjian jua beli,
                VI.            Penilaian :
    1. Jenis test :
­Test lisan ( pre test )
­Test Perbuatan
­Test Tertulis
2.      Bentuk test :
­                                    Pilihan Ganda
­                                    Uraian
Contoh test awal ( lisan )
a.       Pernahkah anda mendengar istilah target pasar ?
b.      Sebutkan cara mengevaluasi segmen pasar!
c.       Coba sebutkan secara garis besar materi bahasan minggu lalu
Contoh test perbuatan (proses)
Buatlah target pasar sederhana pada pemasaran produk makanan dan pakaian. Penilaian test perbuatan ini dilakukan melalui tugas membuat target pasar sederhana.
Adapun format yang digunakan sebagai berikut:
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Kompeten
Belum Kompeten
Keseuaian Materi
Pengeta huan
Ketram pilan
Sikap
Jumlah
1

3
2
2
2
9
V

2

2
1
1
1
5

V
3








4









Nilai Maksimal
4
2
2
2



Keterangan :
a.   Kesesuaian materi:
4 = Sangat sesuai
3 = Sesuai
2 = cukup sesuai
1 = tidak sesuai
b.   Pengetahuan / Ketrampilan / Sikap :
2.0 = sangat baik
1.5 = baik
1,0 = cukup baik
0.5 = kurang baik
Test akhir ( tertulis )

Bobot penilaian / penskoran :
Jenis Soal                 Nomor / Jumlah soal            Bobot Nilai                 Jumlah
PG                            1 – ­25                                    2                                  50
Uraian                      1 (perjanjian Jual beli)          50                                50
Jumlah                                                                                                       100






Mengetahui,
Kepala Sekolah




RUSTIANAH S.Pd.I
Pelita Jaya, …… …………20
Guru Mata Pelajaran



.........................................................




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :  SMK Terpadu Darussalam Tegalrejo
Mata Pelajaran          :  Produktif  Pemasaran
Kelas/Semester           :  XII/2
Alokasi Waktu                        :  5  jam pelajaran
Kegiatan Belajar Ke- :  1 s.d. 4
Standar Kompetensi   : Melakukan Pemasaran Barang Dan Jasa
Kompetensi Dasar      : Menghitung PPh, PPn, PPn BM, dan Bea Materai
Indikator                     : Menghitung PPh sesuai dengan aturan yang berlaku
  PPn dapat dihitung sesuai aturan yang berlaku
  PPn BM dapat dihitung sesuai aturan yang berlaku
  Bea Materai dapat diidentifikasikan dan ditentukan nilainya
I.    Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menghitung PPh sesuai dengan aturan yang berlaku
  • Siswa dapat menghitung PPn sesuai dengan aturan yang berlaku
  • Siswa dapat menghitung PPn BM sesuai dengan aturan yang berlaku
  • Siswa dapat mengidentifikas dan mampu menentukan nilai bea materai
II.    Materi Ajar
      Kegiatan Belajar Ke-1
  1. Definisi Pajak
  2. Unsur-unsur pajak
  3. Jenis-jenis pajak
  4. Undang-undang perpajakan
  5. Fungsi pajak
  6. Syarat pemunggutan pajak
  7. Asas pemungutan pajak
  8. Teori pemungutan pajak
  9. Penerimaan pajak di Indonesia
Kegiatan Belajar Ke-2
  1. Pengertian pajak penghasilan.
  2. Peraturan / undang-undang Pajak penghasilan.
  3. Subyek dan wajib  pajak penghasilan.
  4. Obyek pajak penghasilan.
  5. Tarif pajak penghasilan
  6. Perhitungan pajak pasal 17, 21, 22, 23 dan 24.
Kegiatan Belajar Ke-3
  1. Latar belakang dan pengertian PPN
  2. Karakteristik PPn
  3. Metoda penghitungan PPN
  4. Obyek PPN
  5. Subyek PPN.
  6. Tarif PPN.
  7. Menghitung PPN terutang.
  8. PPN dalam perdagangan.
Kegiatan Belajar Ke-4
  1. Karakteristik PPnBM.
  2. Latar Belakang pengenaan PPnBM.
  3. Obyek PPnBM.
  4. Saat dan tempat pajak terutang.
  5. Faktur pajak.
  6. Menghitung PPnBM.
  7. Bea Materai
III. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan, inkuiri, dan proyek
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Belajar Ke-1
Kegiatan Awal
Apersepsi  :  Siswa diingatkan mengenai Perpajakan.
Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa
                    dalam memahami pengertian umum perpajakan
Kegiatan Inti
1.         Guru menjelaskan mengenai pengertian dan fungsi perpajakan (Eksplorasi)
2.         Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa memahami perpajakan secara umum (Eksplorasi)
3.         Dengan berdiskusi dan penugasan dari guru siswa diajak mengidentifikasi jenis-jenis dan ruang lingkup perpajakan (Elaborasi)
4.         Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang  pengertian, jenis-jenis dan ruang lingkup perpajakan (Elaborasi)
5.         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
6.         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)
Kegiatan Akhir
1.      Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi
3.      Guru memberikan tugas rumah (PR)

Kegiatan Belajar Ke-2
Kegiatan Awal
Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai pajak penghasilan
Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk  membantu siswa dalam memahami dan menghitung jumlah pajak penghasilan
Kegiatan Inti

1.      Guru menjelaskan mengenai pengertian pajak penghasilan (Eksplorasi)
2.      Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa memahami peraturan pajak penghasilan (Eksplorasi)
3.      Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami subyek dan obyek pajak penghasilan(Elaborasi)
4.      Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang perhitungan pajak penghasilan pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)
5.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
6.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)
Kegiatan Akhir

1.      Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi
3.      Guru memberikan tugas rumah (PR)

Kegiatan Belajar Ke-3

Kegiatan Awal
Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai pengertian dan latar belakang pemunggutan PPN
Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami penghitungan PPN
Kegiatan Inti

1.    Guru menjelaskan mengenai obyek dan subyek PPN (Eksplorasi)
2.    Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa memahami cara penentuan dan penghitungan PPN (Eksplorasi)
3.    Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami ruang lingkup PPN (Elaborasi)
4.    Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang penghitungan PPN dan pembuatan faktur pajak pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)
5.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
6.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.      Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi
3.      Guru memberikan tugas rumah (PR)

Kegiatan Belajar Ke-4
Kegiatan Awal
Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai pengertian PPnBM dan Bea materai
Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami penentua dan penghitungan PPnBM dan bea materai

Kegiatan Inti
1.    Guru menjelaskan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan PPnBM dan Bea materai (Eksplorasi)
2.    Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa memahami langkah-langkah penentuan dan penghitungan PPnBM dan bea materai (Eksplorasi)
3.    Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami penentuan dan menghitung PPnBM dan Bea materai (Elaborasi)
4.    Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang memahami penentuan dan menghitung PPnBM dan Bea materai pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)
5.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
6.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir
1.      Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi
3.      Guru memberikan tugas rumah (PR)

                          VI.            Alat/Bahan/Sumber Belajar

1.   Alat/Bahan    :
-          CD pembelajaran
-          LCD Proyektor
-          Laptop
2.   Sumber belajar   :
-          Buku paket
-          Buku lain yang relevan
-          Modul Mentari
                       VII.            Penilaian Hasil Belajar

1.      Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2.      Bentuk instrumen: tes tertulis dan tes lisan
3.      Instrumen/soal:
1.      Jelaskan apa yang menjadi unsur-unsur pajak!
2.      Siapakah yang menjadi subyek PPH?
3.      Sebutkan tarif pajak penghasilan?
4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan PPN?
5.      Jelaskan bagimana cara menghitung PPN!
6.      Sebutkan contoh-contoh barang yang menjadi obyek PPnBM!
7.      Jelaskan bagaimana cara menhitung PPnBM?
8.      Sebutkan apa saja yang menjadi obyek dari bea materai!
9.      Jelaskan cara pemberian materai terhadap suatu dokumen!
10.  Apa yang dimaksu dengan faktur pajak?
Ketuntasan belajar ideal untuk setiap indikator adalah 0 – 100% dengan batas kriteria ideal minimum 75%

Mengetahui,
Kepala Sekolah




RUSTIANAH S.Pd.I
Pelita Jaya, …… …………20
Guru Mata Pelajaran



.........................................................

0 komentar:

Post a Comment

 
SMK TERPADU DARUSSALAM TEGALREJO © 2017-2025 copyright