Banner 468 x 60px

Tuesday, November 20, 2018

RPP Menata Produk XI

0 komentar

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan             :  SMK TERPADU DARUSSALAM TEGALREJO
Mata Pelajaran                  :  Produktif Pemasaran
Kelas/Semester                   :  XI/1
Alokasi Waktu                    :  45  jam pelajaran (9 x kegiatan belajar)
Kegiatan Belajar Ke-        :  1 s.d. 9
Standar Kompetensi          : Menata Produk (Display)

Kompetensi Dasar           :
Mendeskripsikan perencanaan visual penataan produk
Indikator                          : 
-         Mengidentifikasi persyaratan disain penataan produk
-         Menyebutkan sumber daya yang dibutuhkan dalam perencanaan penataan produk
-         Mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki dampak pada perencanaan
-         Menjelaskan standar penataan produk perusahaan sesuai perencanaan
I.    Tujuan Pembelajaran
  • Siswa mampu Mengidentifikasi persyaratan disain penataan produk
  • Siswa mampu Menyebutkan sumber daya yang dibutuhkan dalam perencanaan penataan produk
  • Siswa mampu Mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki dampak pada perencanaan
  • Siswa mampu Menjelaskan standar penataan produk perusahaan sesuai perencanaan
  1. II.    Materi Ajar
      Kegiatan Belajar Ke-1, 2 dan 3
  1. Pengertian dan ruang lingkup penataan produk (display).
  2. Konsep AIDA dalam tujuan penataan produk atau Display
  3. Pembagian dan jenis-jenis diplay, Windows Display, Interior Display, Exterior Display dan Solary Display.
  4. Syarat-syarat penataan produk yang baik.
  5. Logika konsumen dan customer eye level dalam penataan produk.

Kegiatan Belajar Ke-4 dan 5
  1. Pengertian produk (barang dan jasa)  menurut Stanton dan Kotler.
  2. Desain produk
  3. Jenis dan spesifikasi barang.
  4. Klasifikasi dan  Grouping Produk.
  5. Pemberian kode produk.
  6. Warna dan merk produk.

Kegiatan Belajar Ke-7, 8 dan 9
  1. Dasar-dasar desain toko.
  2. Elemen-elemen desain toko.
  3. Sasaran Desain toko.
  4. Tata letak / lay out / denah toko.
  5. Penelitian kebutuhan ruangan.
  6. Bagian / area yang ada di supermarket.
III. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Tanya jawab
Penugasan
Inkuiri
Proyek
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Belajar Ke-1, 2 dan 3
Kegiatan Awal
Apersepsi  : 
Siswa diajak melihat kondisi riil mengenai penataan produk di sejumlah toko dan supermarket dengan ditunjukan suasana penataan produk pada suatu toko dengan gamabr dan foto menggunakan LCD proyektor..
Motivasi    : 
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami prosedur pengurusan izin usaha
Kegiatan Inti
1.     Guru menjelaskan mengenai pengertian, ruang lingkup dan tujuan penataan produk (Eksplorasi)
2.     Dengan metode inkuiri, melalui
-         Contoh proses terjadinya suatu pembelian produk dengan tahapan AIDA (Eksplorasi)
-         Gambar dan foto yang menggambarkan jenis-jenis penataan produk (Eksplorasi)
-         Memberikan gambaran mengenai logika konsumen dan strategi pendisplayan, berupa groupping, penataan secara runtut, dan customer eye level (Eksplorasi).
3.     Dengan berdiskusi dan penugasan dari guru siswa diajak mengidentifikasi model-model penataan produk, kelebihan dan kelemahan berbagai jenis penataan produk (Elaborasi)
4.     Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang  pengertian dan ruang lingkup penataan produk,  jenis-jenis display, dan syarat-syarat penataan produk yang baik pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)
5.     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
6.     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)
Kegiatan Akhir
1.       Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.       Siswa dan guru melakukan refleksi
3.       Guru memberikan tugas rumah (PR)

Kegiatan Belajar Ke-4 dan 5
Kegiatan Awal
Apersepsi  : 
Siswa diberi pemahaman dan gambaran umum mengenai pengertian produk
Motivasi    : 
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami produk / barang yang akan didisplay dan dapat melakukan groupping produk.
Kegiatan Inti
1.     Guru menjelaskan mengenai pengertian produk  dan bagaimana suatu produk dapat terbentuk (Eksplorasi)
2.     Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa memahami jenis / pembagian suatu produk (Eksplorasi)
3.     Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami proses terjadinya suatu produk, desain suatu produk, dan ruang lingkup warna dan merk produk (Elaborasi)
4.     Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang proses terjadinya suatu produk, desain suatu produk, dan ruang lingkup warna dan merk produk pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)
5.     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa, dan berusaha mengembangkan pengetahuan pemahaman siswa melalui program enrichtment dengan mengambil bahan dari internet (Konfirmasi)
6.     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)
Kegiatan Akhir
1.     Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.     Siswa dan guru melakukan refleksi
3.     Guru memberikan tugas rumah (PR)


Kegiatan Belajar Ke-7, 8 dan 9
Kegiatan Awal
Apersepsi  : 
Siswa diberi pemahaman mengenai pentingnya penataan desain dan lay out sebuah toko.
Motivasi    : 
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami perencanaan, penentuan dan penataan ruang sebuah toko.
Kegiatan Inti
1.     Guru menjelaskan dan mengarah kan siswa mengenai pemahaman atas pengertian dan dasar-dasar desain dan layout sebuah toko (Eksplorasi)
2.     Dengan metode inkuiri, melalui pemberian contoh berupa gambar dan foto mengenai desain dan layout sebuah toko serta penelitian kebutuhan ruang dalam sebuah toko (Eksplorasi)
3.     Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami sasaran desain toko dalam kegiatan visual merchandissing (Elaborasi)
4.     Siswa mengerjakan tugas terstruktur dan latihan soal-soal tata letak / lay out / denah toko pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)
5.     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
6.     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)
Kegiatan Akhir
1.       Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.       Siswa dan guru melakukan refleksi
3.       Guru memberikan tugas rumah (PR)

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.   Alat/Bahan    :
-         CD pembelajaran
-         LCD Proyektor
-         Laptop
2.   Sumber belajar   :
-         Buku paket
-         Buku lain yang relevan
-         Modul BSE Penjualan 12 karangan Devi
VI. Penilaian Hasil Belajar
1.       Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2.       Bentuk instrumen: tes tertulis dan tes lisan
3.       Instrumen/soal:
1.          Jelaskan yang dimaksud dengan diplay!
2.          Uraikan proses AIDA dalam tujuan pentaan produk!
3.          Sebutkan perbedaan antara close interior display dengan open interior display?
4.          Jelaskan apa yang dimaksud dengan store sign dan decoration dalam display!
5.          Apa yang dimaksud produk menurut Philip Kotler?
6.          Sebutkan dan jelaskan pembagian barang konsumsi dan berikan 2 contoh produknya!
7.          Jelaskan terbentuknya desain sebuah produk?
8.          Jelaskan apa yang dimaksud dengan desain toko dan sebutkan fungsinya!
9.          Jelaskan apa yang dimaksud dengan gimmick bagaimana cara mewujudkanya!
10.      Sebutkan berilah contoh-contoh bagian atau area yang ada di supermarket!
Skor setiap soal maksimum 10.
Ketuntasan belajar ideal untuk setiap indikator adalah 0 – 100% dengan batas kriteria ideal minimum 75%

Mengetahui,
Kepala Sekolah




RUSTIANAH, S.Pd.I
Pelita Jaya, ..... …………...…….. 20
Guru Mata Pelajaran




..................................................





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(SUPLEMEN UNTUK KEGIATAN PRATEK)
Satuan Pendidikan             :  SMK Negeri 1 Udanawu
Mata Pelajaran                  :  Produktif Pemasaran
Kelas/Semester                   :  XI/1
Alokasi Waktu                    :  5  jam pelajaran (1 x kegiatan belajar)
Kegiatan Belajar Ke-        :  6
Standar Kompetensi          : Menata Produk (Display)
Kompetensi Dasar             : Menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk
Indikator                              :  Mengidentifikasi persyaratan disain penataan produk
Menyebutkan sumber daya yang dibutuhkan dalam perencanaan penataan produk
Mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki dampak pada perencanaan
Menjelaskan standar penataan produk perusahaan sesuai perencanaan
I.    Tujuan Pembelajaran
  • Siswa mampu Mengidentifikasi persyaratan disain penataan produk
  • Siswa mampu Menyebutkan sumber daya yang dibutuhkan dalam perencanaan penataan produk
  • Siswa mampu Mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki dampak pada perencanaan
  • Siswa mampu Menjelaskan standar penataan produk perusahaan sesuai perencanaan

III. Materi Ajar
  1. Jenis dan spesifikasi barang.
  2. Klasifikasi dan  Grouping Produk.
  3. Pemberian kode produk.

III. Metode Pembelajaran
Pembelajaran praktek penugasan, inkuiri, dan proyek

IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi  : 
Siswa diberi dingatkan kembali mengenai pengertian produk dan jenis produk
Motivasi    : 
Memotivasi akan pentingnya menguasai ketrampilan klasifikasi dan pemberian kode produk dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami grouping dan dapat melakukan pengkodean produk.

Kegiatan Inti
1.              Guru menjelaskan mengenai prosedur pemberian kode suatu produk (Eksplorasi)
2.              Dengan metode inkuiri, melalui contoh dan demonstrasi pemberian kode suatu produk (Eksplorasi)
3.              Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami proses pengkodean (Elaborasi)
4.              Siswa mengerjakan tugas praktek pengkodean produk secara individual menggunakan bahan dan alat yang telah dipersiapkan (Elaborasi)
5.              Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui dan dipahami  siswa, dan berusaha mengembangkan pengetahuan pemahaman siswa (Konfirmasi)
6.              Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pelaksanaan pengkodean produk dan memberikan penguatan atau penyimpulan (Konfirmasi)
Kegiatan Akhir
1.              Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat laporan pelaksanaan praktek yang telah dilakukan
2.              Siswa dan guru melakukan refleksi
3.              Guru memberikan tugas rumah (PR)

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.   Alat/Bahan    :
-         Alat tulis dan kertas HVS folio 5 lembar
-         Dummy produk masing anak 5 buah yang berbeda jenis maupun ukuran
-         CD pembelajaran
-         LCD Proyektor
-         Laptop
2.   Sumber belajar   :
-         Buku paket
-         Buku lain yang relevan
-         Modul BSE Penjualan 12 karangan Devi
VI. Penilaian Hasil Belajar
1.       Teknik/jenis  : Tugas individu terstruktur
2.       Bentuk instrumen: tes perbuatan
3.       Instrumen/soal:
Buatlah pengkodean bahan yang telah disiapkan sesuai dengan POS (prosedur operasi standar) dan materi yang telah disampaikan!!
Adapun format yang digunakan sebagai berikut:
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Kom peten
Belum Kom peten
Persiapan
Proses
Hasil
Sikap
Waktu
Jumlah
1

2
3
2
1
1
9
V

2

1
1
1
1
1
5

V
3









4










Nilai Maksimal
2
4
2
1
1




Mengetahui,
Kepala Sekolah




RUSTIANAH, S.Pd.I
Pelita Jaya, ..... …………...…….. 20
Guru Mata Pelajaran




..................................................




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             SMK N 1 Udanawu                                                   
Mata Pelajaran                  : Produktif Pemasaran
Kelas/Semester                   XI/1 dan 2
Alokasi Waktu                    : jam pelajaran ( x kegiatan belajar)
Kegiatan Belajar Ke-        : 10 s.d. 18      
Standar Kompetensi          :     Menata Produk (Display)
Kompetensi Dasar             :     Menata display produk
Indikator                              :    
-         Menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk
-         Menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.
-         Mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk
-         Menjelaskan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display

I.       Tujuan Pembelajaran
-         Siswa dapat menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk
-         Siswa dapat menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.
-         Siswa dapat mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk
-         Siswa dapat melakukan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display
II.          Materi Ajar
                Kegiatan Belajar Ke-10, 11 dan 12
1.          Pengetahuan barang-barang supermarket.
2.          pembagian dan pengelompokan barang supermarket.
3.          Jenis, sifat dan spesifikasi barang supermarket
Kegiatan Belajar Ke-13 dan 14
1.       Label harga (address card), kartu harga (price card) dan Point Of Purchase (POP)
2.       Peralatan label harga.
3.       Membuat kartu harga dan POP
4.       Melaksanakan pelabelan harga
Kegiatan Belajar Ke-16, 17 dan 18
1.       Prosedur Operasi Standar (POS) dan prinsip penataan produk supermarket.
2.       Lima standar ruang promosi (space promo standar) dalam pendisplayan di supermarket (Gondola End, Wing Stage, Dancing Up, Floor Display dan Clip Strip)
3.       Penataan barang supermarket.
4.       Brand Blocking secara vertikal dan horizontal.
5.       Peralatan display barang supermarket.
6.       Istilah dan perlengkapan display barang supermarket.

III.    Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Tanya jawab
Penugasan
Inkuiri
Proyek
IV.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Belajar Ke- 10, 11 dan 12
Kegiatan Awal
Apersepsi  : 
Siswa diberi pemahaman mengenai pengertian barang supermarket
Motivasi    : 
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam pendisplay-an barang supermarket
Kegiatan Inti
1.       Guru menjelaskan mengenai pengertian dan ruang lingkup barang supermarket (Eksplorasi)
2.       Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar dan foto siswa memahami jenis  barang supermarket (Eksplorasi)
3.       Dengan berdiskusi dan penugasan dari guru siswa diajak memahami pengelompokan dan pembagian barang supermarket (Elaborasi)
4.       Siswa mengerjakan tugas latihan (terstruktur maupun tidak terstruktur) jenis, sifat dan spesifikasi barang supermarket pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)
5.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
6.       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)
Kegiatan Akhir
1.          Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.          Siswa dan guru melakukan refleksi dan memberikan kesimpulan akhir
3.          Guru memberikan tugas rumah (PR)


Kegiatan Belajar Ke-13 dan 14
                Kegiatan Awal
Apersepsi  : 
Siswa diingatkan kembali mengenai ruang lingkup dan pembagian barang supermarket
Motivasi    : 
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami dan mempraktekkan pelabelan harga
Kegiatan Inti
1.       Guru menjelaskan mengenai price card, price labbel dan POP (Eksplorasi)
2.       Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar dan foto siswa memahami mengenai price card, price labbel dan POP (Eksplorasi)
3.       Demgan peragaan / demonstrasi siswa memahami cara dan prosedur penggunaan dan perawatan peralatan pelabbelan harga (Eksplorasi)
4.       Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami prosedur pelaksanaan pelabbelan harga maupun pembuatan kartu harga dan POP (Elaborasi)
5.       Siswa mengerjakan tugas secara mandiri dan berkelompok pembuatan kartu harga dan POP pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)
6.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
7.       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir
1.       Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.       Siswa dan guru melakukan refleksi dan menarik kesimpulan kegiatan pembelajaran
3.       Guru memberikan tugas rumah (PR)

                Kegiatan Belajar Ke-16, 17 dan 18
                Kegiatan Awal
Apersepsi  : 
Siswa diberi pemahaman mengenai prosedur operasi standar dan prinsip penataan barang supermarket
Motivasi    : 
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam display barang supermarket
Kegiatan Inti
1.       Guru menjelaskan mengenai urutan penataan barang supermarket sesuai dengan POS dan prinsip penataan (Eksplorasi)
2.       Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar maupun foto siswa memahami lima ruang standar promo dan penggunaan brand blocking dalam display pada barang supermarket (Eksplorasi)
3.       Dengan metode demonstrasi di depan kelas  siswa dapat memahami melakukan penataan barangmenggunakan  lima ruang standar promo dan penggunaan brand blocking baik vertikal maupun horizontal (Eksplorasi)
4.       Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak mengenal peralatan dan istilah-istilah yang digunakan dalam pendisplay-an barang supermarket (Elaborasi)
5.       Siswa mengerjakan tugas terstruktur membuat plannogram penataan barang lima ruang standar promo dan penggunaan brand blocking dalam display barang supermarket pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)
6.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
7.       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)
Kegiatan Akhir
1.       Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.       Siswa dan guru melakukan refleksi dan memberikan simpulan kegiatan pembelajaran
3.       Guru memberikan tugas rumah (PR)
        
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.   Alat/Bahan    :
-         CD pembelajaran
-         LCD Proyektor
-         Laptop
-         Peralatan  dan bahan display barang supermarket
2.   Sumber belajar   :
-         Buku paket
-         Buku lain yang relevan
-         Modul Mentari
VI. Penilaian Hasil Belajar
1.       Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2.       Bentuk instrumen: tes tertulis dan tes lisan
3.       Instrumen/soal:
1.         Jelaskan pembagian dan departemenisasi barang supermarket?
2.         Jelaskan manfaat pengelompokan barang pada display barang supermarket!
3.         Sebutkan perbedaan antara price card dan price labbel!
4.         Jelaskan prosedur penggunaan alat price labbeler!
5.         Jelaskan fungsi POP dalam display barang supermarket!
6.         Jelaskan prosedur penataan barang supermarket menggunakan standar Dancing Up!
7.         Sebutkan macam-macam yang dapat didisplay menggunakan standar Clip Strip!
8.         Jelaskan penempatan barang menggunakan metode brand blocking secra vertikal?
9.         Sebutkan bagian-bagian dari double gondola secara lengkap!
10.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan: tier, one finger, skyline, slow moving dan fifo dalam display barang supermarket!
Ketuntasan belajar ideal untuk setiap indikator adalah 0 – 100% dengan batas kriteria ideal minimum 75%

Mengetahui,
Kepala Sekolah




RUSTIANAH, S.Pd.I
Pelita Jaya, ..... …………...…….. 20
Guru Mata Pelajaran




..................................................




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(SUPLEMEN UNTUK KEGIATAN PRATEK)
Satuan Pendidikan             :  SMK TERPADU DARUSSALAM TEGALREJO
Mata Pelajaran                  :  Produktif Pemasaran
Kelas/Semester                   :  XI/1
Alokasi Waktu                    :  5  jam pelajaran (1 x kegiatan belajar)
Kegiatan Belajar Ke-        :  15
Standar Kompetensi          : Menata Produk (Display)
Kompetensi Dasar             :  Menata display produk
Indikator                             
-         Menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk
-         Menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.
-         Mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk
-         Menjelaskan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display

I.       Tujuan Pembelajaran
-         Siswa dapat menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk
-         Siswa dapat menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.
-         Siswa dapat mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk
-         Siswa dapat melakukan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display
II.          Materi Ajar
Kegiatan Belajar Ke-15 dan 14
1.       Label harga (address card), kartu harga (price card) dan Point Of Purchase (POP)
2.       Peralatan label harga.
3.       Membuat kartu harga dan POP
4.       Melaksanakan pelabelan harga
III. Metode Pembelajaran
Pembelajaran praktek penugasan, inkuiri, dan proyek
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi  :  Siswa diberi dingatkan kembali mengenai ruang lingkup produk dan jenis produk supermarket.
Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai ketrampilan pemberian label, untuk membantu siswa dalam memahami persiapan display produk supermarket
Kegiatan Inti
1.       Guru menjelaskan mengenai prosedur pemberian label harga (Eksplorasi)
2.       Dengan metode inkuiri, melalui contoh dan demonstrasi pemberian label harga (Eksplorasi)
3.       Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami proses pelabelan harga (Elaborasi)
4.       Siswa mengerjakan tugas praktek pengkodean produk secara individual menggunakan bahan dan alat yang telah dipersiapkan (Elaborasi)
5.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui dan dipahami  siswa, dan berusaha mengembangkan pengetahuan pemahaman siswa (Konfirmasi)
6.       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pelaksanaan pelabelan produk dan memberikan penguatan atau penyimpulan (Konfirmasi)
Kegiatan Akhir
1.       Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat laporan pelaksanaan praktek yang telah dilakukan
2.       Siswa dan guru melakukan refleksi
3.       Guru memberikan tugas rumah (PR)

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.   Alat/Bahan    :
-         Price labbeler single dan double masing-masing 3 buah.
-         Dummy produk masing anak 5 buah yang berbeda jenis maupun ukuran
-         CD pembelajaran
-         LCD Proyektor
-         Laptop
2.   Sumber belajar   :
– Buku paket
– Buku lain yang relevan
– Modul BSE Penjualan 12 karangan Devi
VI. Penilaian Hasil Belajar
1.       Teknik/jenis  : Tugas individu terstruktur
2.       Bentuk instrumen: tes perbuatan
3.       Instrumen/soal:
Buatlah pelabelan harga dengan bahan yang telah disiapkan sesuai dengan POS (prosedur operasi standar) dan materi yang telah disampaikan!!
Adapun format yang digunakan sebagai berikut:
FORM PENILAIAN PRAKTEK PRICE LABBELING
Nama Peserta  :
No
Komponen/Subkomponen Penilaian
Pencapaian Kompetensi
Tidak
Ya
7,0-7,9
8,0-8,9
9,0-10
1
2
3
4
5
6
I
Persiapan Kerja Tugas Price Labelling









1.1  Menyiapkan peralatan price labeling

                 1.1.1      Memeriksa/memasang kertas stiker/label roll    
1.1.2       Memeriksa kondisi tinta    
1.2          Mencocokkan barang dengan soal 
1.2.1       Memeriksa barang baik jumlah barang maupun jenisnya

   Skor Komponen :

II. Proses (Sistematika dan Cara Kerja) Price Labelling 
   2.1  Mampu mengoperasikan peralatan price labelling 
   2.1.1     Mampu mengatur angka angka, untuk kode dan harga yang ada di mesin 
   2.2  Menempelkan stiker pada barang sesuai dengan ketentuan yang berlaku 
   2.2.1     Mencocokkan harga yang ada pada soal dengan tuts angka pada mesin 
   2.2.2     Menempelkan stiker harga pada barang yang dimaksud

   Skor Komponen :

   
III. Hasil Kerja Price Labelling 
   3.1  Ketetapatan nominal harga yang di tempel pada barang 
   3.2  Ketepatan penempelan letak stiker harga pada barang    
   Skor Komponen :

   
IV. Sikap Kerja Price Labelling 
   4.1  Penggunaan alat price labelling 
   4.2  Kerapihan kerja 
   4.3  Ketelitian kerja 
   Skor Komponen :

   
V. Waktu Price labelling 
   5.1    Kecepatan 
   5.2    Ketepatan dengan standar waktu 
   Skor Komponen :

Keterangan :
Skor masing-masing komponen penilaian ditetapkan berdasarkan perolehan skor terendah dari subkomponen penilaian
Perhitungan nilai praktik (NP) :

Prosentase Bobot Komponen Penilaian

Nilai Praktik
(NP)

Persiapan
Proses
Sikap Kerja
Hasil
Waktu
∑ NK

1
2
3
4
5
6
Bobot (%)






Skor Komponen      NK
Keterangan:
  • Bobot diisi dengan prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
  • NK = Nilai Komponen, perkalian dari bobot dengan skor komponen
  • NP = penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen
  • Jenis komponen penilaian (persiapan, proses, sikap kerja, hasil, dan waktu) disesuaikan dengan karakter program keahlian.

Mengetahui,
Kepala Sekolah




RUSTIANAH, S.Pd.I
Pelita Jaya, ..... …………...…….. 20
Guru Mata Pelajaran




..................................................




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

(SUPLEMEN UNTUK KEGIATAN PRATEK)
Satuan Pendidikan             :  SMK TERPADU DARUSSALAM TEGALREJO
Mata Pelajaran                  :  Produktif Pemasaran
Kelas/Semester                   :  XI/1
Alokasi Waktu                    :  10  jam pelajaran (2 x kegiatan belajar)
Kegiatan Belajar Ke-        :  19 Dan 20
Standar Kompetensi          : Menata Produk (Display)
Kompetensi Dasar             :  Menata display produk
Indikator                             
-         Menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk
-         Menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.
-         Mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk
-         Menjelaskan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display
I.       Tujuan Pembelajaran
-         Siswa dapat menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk
-         Siswa dapat menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.
-         Siswa dapat mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk
-         Siswa dapat melakukan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display
II.          Materi Ajar
Kegiatan Belajar Ke-19 dan 20
1.         Prosedur Operasi Standar (POS) dan prinsip penataan produk supermarket.
2.         Lima standar ruang promosi (space promo standar) dalam pendisplayan di supermarket (Gondola End, Wing Stage, Dancing Up, Floor Display dan Clip Strip)
3.         Penataan barang supermarket.
4.         Brand Blocking secara vertikal dan horizontal.
5.         Peralatan display barang supermarket.
6.         Istilah dan perlengkapan display barang supermarket
III. Metode Pembelajaran
Pembelajaran praktek penugasan, inkuiri, dan proyek

IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi  :  Siswa diberi dingatkan kembali mengenai ruang lingkup produk dan jenis produk supermarket.
Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai ketrampilan pendisplayan produk supermarket
Kegiatan Inti
1.       Guru menjelaskan mengenai prosedur penataan produk supermarket (Eksplorasi)
2.       Dengan metode inkuiri, melalui contoh dan demonstrasi penatan produk supermarket (Eksplorasi)
3.       Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami proses penataan produk supermarket (Elaborasi)
4.       Siswa mengerjakan tugas praktek penataan produk supermarket secara individual menggunakan bahan dan alat yang telah dipersiapkan (Elaborasi)
5.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui dan dipahami  siswa, dan berusaha mengembangkan pengetahuan pemahaman siswa (Konfirmasi)
6.       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pelaksanaan pelabelan produk dan memberikan penguatan atau penyimpulan (Konfirmasi)
Kegiatan Akhir
1.       Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat laporan pelaksanaan praktek yang telah dilakukan
2.       Siswa dan guru melakukan refleksi
3.       Guru memberikan tugas rumah (PR)

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.   Alat/Bahan    :
-         Double gondola lengkap.
-         End Gondola lengkap
-         Dummy produk masing anak 5 buah yang berbeda jenis maupun ukuran
-         CD pembelajaran
-         LCD Proyektor
-         Laptop
2.   Sumber belajar   :
-         Buku paket
-         Buku lain yang relevan
-         Modul BSE Penjualan 12 karangan Devi
VI. Penilaian Hasil Belajar
1.          Teknik/jenis  : Tugas individu terstruktur
2.          Bentuk instrumen: tes perbuatan
3.          Instrumen/soal:
Display lah produk supermarket yang telah dipersiapkan sesuai dengan POS (prosedur operasi standar) dan materi yang telah disampaikan!!
Adapun format yang digunakan sebagai berikut:
Lembar Penilaian PraktEk KEJURUAN
Satuan Pendidikan         :           Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Kompetensi Keahlian     :           Penjualan
Sub Kompetensi             :           Display
Kode                              :           6054
Alokasi Waktu               :                jam
Bentuk Soal                   :           Penugasan Kelompok
Nama  : ______________________________
No
Komponen/Subkomponen Penilaian
Pencapaian Kompetensi
Tidak
Ya
7,0-7,9
8,0-8,9
9,0-10
1
2
3
4
5
6
I
Persiapan Kerja Tugas Display









1.1  Menyiapkan media display yang akan digunakan

   1.1.1     Sesuai ketentuan yang disyaratkan    1.1.2     Dekorasi terhadap media display    1.2  Menyiapkan barang yang akan di display 1.2.1     Jumlah barang

   1.2.2     Jenis barang

   Skor Komponen :

II. Proses ( Sistematika & Cara Kerja) Display : 
   2.1  Ketepatan Pengelompokkan barang 
   2.2  Ketepatan penataan warna dan cahaya 
   2.3  Mudah dilihat, terjangkau dan atraktif 
   2.4  Komunikasi 
   2.5  kreatifitas 
   2.6  Kesesuaian aksesoris display 
   Skor Komponen :

   
III. Hasil Kerja Display 
   3.1  Kerapihan penataan barang 
   3.2  Kesesuaian bentuk, warna dan harga 
   3.3  Kesesuaian dengan dekorasi 
   Skor Komponen :

   
IV. Sikap Kerja Display 
   4.1  Kerapihan kerja 
   4.2  Ketelitian kerja           
   Skor Komponen :

   
V. Waktu Display 
   5.1    Kecepatan 
   5.2    Ketepatan dengan standar waktu 
   Skor Komponen :

Keterangan :
Skor masing-masing komponen penilaian ditetapkan berdasarkan perolehan skor terendah dari subkomponen penilaian

Perhitungan nilai praktik (NP) :

Prosentase Bobot Komponen Penilaian

Nilai Praktik
(NP)

Persiapan
Proses
Sikap Kerja
Hasil
Waktu
∑ NK

1
2
3
4
5
6
Bobot (%)






Skor Komponen      NK
Keterangan:
  • Bobot diisi dengan prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
  • NK = Nilai Komponen, perkalian dari bobot dengan skor komponen
  • NP = penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen
  • Jenis komponen penilaian (persiapan, proses, sikap kerja, hasil, dan waktu) disesuaikan dengan karakter program keahlian.




Mengetahui,
Kepala Sekolah




RUSTIANAH, S.Pd.I
Pelita Jaya, ..... …………...…….. 20
Guru Mata Pelajaran




..................................................




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan       :     SMK N 1 Udanawu                                                   
Mata Pelajaran             :     Produktif Pemasaran
Kelas/Semester             :     XI/1 dan 2
Tahun Ajaran              :     2011 – 2012
Alokasi Waktu              :      jam pelajaran ( x kegiatan belajar)
Kegiatan Belajar Ke-   :      10 s.d.           
Standar Kompetensi    :     Menata Produk (Display)
Kompetensi Dasar        :     Menata display produk
Indikator                       :     –  Menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk
                                             – Menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.
                                             – Mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk
                                             – Menjelaskan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display
I.       Tujuan Pembelajaran
–          Siswa dapat menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk
–          Siswa dapat menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.
–          Siswa dapat mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk
–          Siswa dapat melakukan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display
  1. III.       Materi Ajar
      Menghitung risiko menjalankan usaha
Kegiatan Belajar Ke-10, 11 dan 12
  1. Pengetahuan barang-barang supermarket.
  2. pembagian dan pengelompokan barang supermarket.
  3. Jenis, sifat dan spesifikasi barang supermarket
Kegiatan Belajar Ke-13 dan 14
  1. Label harga (address card), kartu harga (price card) dan Point Of Purchase (POP)
  2. Peralatan label harga.
  3. Membuat kartu harga dan POP
  4. Melaksanakan pelabelan harga
Kegiatan Belajar Ke-16, 17 dan 18
  1. Prosedur Operasi Standar (POS) dan prinsip penataan produk supermarket.
  2. Lima standar ruang promosi (space promo standar) dalam pendisplayan di supermarket (Gondola End, Wing Stage, Dancing Up, Floor Display dan Clip Strip)
  3. Penataan barang supermarket.
  4. Brand Blocking secara vertikal dan horizontal.
  5. Peralatan display barang supermarket.
  6. Istilah dan perlengkapan display barang supermarket.
III.    Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Tanya jawab
Penugasan
Inkuiri
Proyek
IV.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Belajar Ke- 10, 11 dan 12
    Kegiatan Awal
Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai pengertian barang supermarket
Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam pendisplay-an barang supermarket
Kegiatan Inti
1.   Guru menjelaskan mengenai pengertian dan ruang lingkup barang supermarket (Eksplorasi)
2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar dan foto siswa memahami jenis  barang supermarket (Eksplorasi)
3.  Dengan berdiskusi dan penugasan dari guru siswa diajak memahami pengelompokan dan pembagian barang supermarket (Elaborasi)
4.   Siswa mengerjakan tugas latihan (terstruktur maupun tidak terstruktur) jenis, sifat dan spesifikasi barang supermarket pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)
5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)
Kegiatan Akhir
1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.   Siswa dan guru melakukan refleksi dan memberikan kesimpulan akhir
3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)


         Kegiatan Belajar Ke-13 dan 14
    Kegiatan Awal
Apersepsi  :  Siswa diingatkan kembali mengenai ruang lingkup dan pembagian barang supermarket
Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami dan mempraktekkan pelabelan harga
Kegiatan Inti
1.   Guru menjelaskan mengenai price card, price labbel dan POP (Eksplorasi)
2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar dan foto siswa memahami mengenai price card, price labbel dan POP (Eksplorasi)
3.   Demgan peragaan / demonstrasi siswa memahami cara dan prosedur penggunaan dan perawatan peralatan pelabbelan harga (Eksplorasi)
4.   Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami prosedur pelaksanaan pelabbelan harga maupun pembuatan kartu harga dan POP (Elaborasi)
4.  Siswa mengerjakan tugas secara mandiri dan berkelompok pembuatan kartu harga dan POP pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)
5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)
Kegiatan Akhir
1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.   Siswa dan guru melakukan refleksi dan menarik kesimpulan kegiatan pembelajaran
3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

         Kegiatan Belajar Ke-16, 17 dan 18
    Kegiatan Awal
Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai prosedur operasi standar dan prinsip penataan barang supermarket
Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam display barang supermarket
Kegiatan Inti
1.   Guru menjelaskan mengenai urutan penataan barang supermarket sesuai dengan POS dan prinsip penataan (Eksplorasi)
2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar maupun foto siswa memahami lima ruang standar promo dan penggunaan brand blocking dalam display pada barang supermarket (Eksplorasi)
3. Dengan metode demonstrasi di depan kelas  siswa dapat memahami melakukan penataan barangmenggunakan  lima ruang standar promo dan penggunaan brand blocking baik vertikal maupun horizontal (Eksplorasi)
4.  Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak mengenal peralatan dan istilah-istilah yang digunakan dalam pendisplay-an barang supermarket (Elaborasi)
4.   Siswa mengerjakan tugas terstruktur membuat plannogram penataan barang lima ruang standar promo dan penggunaan brand blocking dalam display barang supermarket pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)
5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)
Kegiatan Akhir
1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.   Siswa dan guru melakukan refleksi dan memberikan simpulan kegiatan pembelajaran
3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)
        
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.   Alat/Bahan    :
– CD pembelajaran
– LCD Proyektor
– Laptop
– Peralatan  dan bahan display barang supermarket
2.   Sumber belajar   :
– Buku paket
– Buku lain yang relevan
– Modul Mentari
VI. Penilaian Hasil Belajar
1.   Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2.   Bentuk instrumen: tes tertulis dan tes lisan
3.   Instrumen/soal:
1.   Jelaskan pembagian dan departemenisasi barang supermarket?
2.   Jelaskan manfaat pengelompokan barang pada display barang supermarket!
3.   Sebutkan perbedaan antara price card dan price labbel!
4.   Jelaskan prosedur penggunaan alat price labbeler!
5.   Jelaskan fungsi POP dalam display barang supermarket!
6.   Jelaskan prosedur penataan barang supermarket menggunakan standar Dancing   Up!
7.   Sebutkan macam-macam yang dapat didisplay menggunakan standar Clip Strip!
8.   Jelaskan penempatan barang menggunakan metode brand blocking secra vertikal?
9.   Sebutkan bagian-bagian dari double gondola secara lengkap!
10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan: tier, one finger, skyline, slow moving dan fifo dalam display barang supermarket!
Ketuntasan belajar ideal untuk setiap indikator adalah 0 – 100% dengan batas kriteria ideal minimum 75%
Mengetahui,
Kepala Sekolah




RUSTIANAH, S.Pd.I
Pelita Jaya, ..... …………...…….. 20
Guru Mata Pelajaran




..................................................

0 komentar:

Post a Comment

 
SMK TERPADU DARUSSALAM TEGALREJO © 2017-2025 copyright