Banner 468 x 60px

Tuesday, November 7, 2017

Pelaksanaan UNBK

0 komentar

 
Apa Itu UNBK ? Berikut Pengertian, Fungsi Dan Tujuannya

Pengertian UNBK adalah sebuah sistem ujian nasional dimana dalam pelaksanaannya menggunakan media komputer. Sistem ini dalam bahasa inggris disebut juga dengan CBT atau Computer Based Test. Ujian Nasional Berbasis Komputer ini berbeda dengan Paper Based Test atau sistem ujian nasional berbasis kertas.
unbk
Sejarah pelaksanaan UNBK sendiri dimulai pada tahun 2017/2018, SMK TERPADU Darussalam Tegalrejo melaksanakan UNBK Mandiri Dengan Jumlah Siswa 19 siswa. sukses dan lancar 07/11/2017






Bagaimana  sekarang sudah paham bukan mengenai pengertian UNBK, lalu sebenarnya apa fungsi UNBK itu dilaksanakan menggantikan UNBP, berikut penjelasannya.

Fungsi Dan Tujuan UNBK

Pemerintah mengadakan program UNBK bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan utamanya untuk program ujian nasional, adanya sistem yang terintegrasi langsung dengan aplikasi - aplikasi pendidikan lainnya seperti DAPODIK, E-Raport dan lain sebagainya akan mempermudah sekolah untuk melakukan pelaksanaan kegiatan ujian nasional. Akan tetapi butuh sumber daya lebih agar bisa melaksanakan kegiatan UNBK dengan lancar utamanya dari sisi sumber daya manusia dan juga perangkat pendukung ( Komputer ).
Fungsi UNBK yang lain yaitu dapat meredam banyak kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional, sehingga akan mempu untuk menumbuhkan minat belajar dikalangan siswa. Hal ini dikarenakan siswa tidak lagi mengandalkan bocoran kunci jawaban pada saat mengikuti ujian nasional, sehingga mau tidak mau mereka akan berusaha untuk dapat lulus dalam ujian nasional yang dihadapi.
Selain itu tujuan UNBK kedepannya adalah dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan diharapkan nilai kelulusan nantinya bisa dijadikan patokan untuk jenjang pendidikan berikutnya, jadi tidak ada lagi test penerimaan siswa atau mahasiswa baru agar dapat menghemat biaya, semua mengacu pada nilai akhir kelulusan.
Itulah ulasan mengenai apa itu UNBK lengkap dengan tujuan UNBK itu sendiri, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan komputer dan teknologi berikutnya.

0 komentar:

Post a Comment

 
SMK TERPADU DARUSSALAM TEGALREJO © 2017-2025 copyright